Sunday, July 19, 2020

Materi kelas 7 (Bab 1) Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

A. Pengertian Dasar Negara dan Pancasila sebagai Dasar Negara

Dasar negara berasal dari 2 suku kata yaitu dasar berarti landasan atau hal yang utama dan yang pertama dan negara berarti organisasi kekuasaan yang terdiri atas wilayah, rakyat dan pemerintahan berdaulat. Menurut George JellinekDasar negara adalah merupakan sebuah organisasi dengan kekuasaan suatu kelompok orang. Dimana kelompok itu bertempat di suatu wilayah tertentu. Sedangkan J. Rousseau menjelaskan bahwa dasar negara adalah merupakan suatu alat yang mempunyai fungsi dalam menjaga kemerdekaan setiap individu dan juga ketertiban hidup rakyat negara tersebut. Jadi dasar negara merupakan landasan kehidupan dalam bernegara dimana setiap negara mesti memiliki landasan untuk menjalankan kehidupan bernegaranya. Dasar negara untuk suatu negara adalah suatu dasar untuk dapat mengatur penyelenggara negara. Negara tanpa dasar negara berarti negara tersebut tidak memiliki pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, maka akibatnya negara tersebut tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas, sehingga memudahkan munculnya kekacauan. Dasar negara sebagai pedoman hidup bernegara mencakup norma bernegara, cita-cita negara, dan tujuan negara. Nah untuk negara kita tercinta, Indonesia menggunakan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. 




Pancasila merupakan suatu dasar nilai serta norma untuk mengatur pemerintahan Negara, atau dengan kata lain Pancasila merupakan suatu dasar untuk mengatur penyelenggaraan Negara.  Pancasila memiliki lima elemen dasar yang menjadi karakter dan kepribadian utama bangsa Indonesia dan juga merupakan ideologi nasional. Lahirnya Pancasila sendiri tidak serta merta muncul begitu saja, mesti kemudian berasal dari hasil pemikiran yang sangat mendalam dengan begitu banyak pengalaman-pengalaman yang sesuai dengan kondisi kebangsaan, kemasyarakatan, kebudayaan dan keagamaan dengan memiliki kesadaran yang menyeluruh atau universal, sehingga hal inilah yang menjadi dasar untuk merumuskan dasar negara, dan jika kita perhatika seperti apa makna Pancasila ternyata para pendiri bangsa Indonesia merumuskan Pancasila sebagai dasar negara dengan berasal dari cara pandang dan metode yang menyeluruh dengan mencakup seluruh unsur dalam rakyat dengan tanpa membeda-bedakan yang satu dengan yang lainnya untuk mencapai cita-cita kebangsaan dengan menjadikan dasar negara agar tercipta masyarakat yang adil dan makmur.

 

Pancasila merupakan ideologi kebangsaan yang digali dan dirumuskan yang lahir ditengah-tengah rakyat Indonesia sehingga tidak sulit untuk menggabungkan setiap unsur yang ada dimasyarakat karena ternyata masyarakat sendiri yang ingin menyatukan sendiri dibawah bendera Pancasila untuk dijadikan pedoman dan pegangan agar tercapai persatuan dan kesatuan dalam bernegara. Pancasila dalam kedudukannya ini sering disebut sebagai Dasar Filsafat atau Dasar Falsafah Negara (Philosofische Gronslag) dari Negara, ideologi Negara atau (Staatsidee). Dalam pengertian ini pancasila merupakan suatu dasar nilai serta norma untuk mengatur pemerintahan Negara, atau dengan kata lain Pancasila merupakan suatu dasar untuk mengatur penyelenggaraan Negara. Konsekuensinya seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan Negara terutama segala peraturan perundang-undangan termasuk proses reformasi dalam segala bidang dewasa ini dijabarkan dan diderivasikan dari nilai-nilai pancasila. Maka Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum. Pancasila merupakan sumber kaidah hukum Negara yang secara konstitusional mengatur Negara Republik Indonesia beserta seluruh unsur-unsurnya yaitu rakyat, wilayah, beserta pemerintah Negara.

 

Nah jika kalian sudah selesai membaca penjelasan diatas, silakan jawab beberapa pertanyaan di bawah ini!

1.     Apa yang dimaksud dengan dasar negara?

2.     Mengapa Pancasila dipilih sebagai dasar negara Republik Indonesia?

3.     Apa fungsi dari adanya dasar negara bagi sebuah negara?

4.     Apa manfaat dasar negara bagi bangsa Indonesia?

5.     Tuliskan pengertian dasar negara paling sedikit menurut 5 ahli!

 Kirim Jawaban kalian dalam bentuk Microsoft word.

Semoga bermanfaat buat kalian. Salam satu Indonesia. !

 

Referensi:

 

 

    No comments:

    Post a Comment

    Materi kelas 8 (Bab 1) Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila

    A. Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila Dasar negara dapat berupa suatu falsafah yang dapat merangkum atau menyimpulkan kehidupan dan cita-...